Categories
Other

Kata semantik berasal dari bahasa yunani sema yang berarti tanda atau lambang.

Place your order now for a similar assignment and have exceptional work written by our team of experts, At affordable rates

For This or a Similar Paper Click To Order Now

Bahasa merupakan sistem komunikasi yang sangat penting bagi manusia. Bahasa merupakan alat komunikasi manusia, dan tidak terlepas dari arti atau makna setiap kata yang diucapkan. Sebagai unsur dinamis, bahasa selalu dianalisis dan dipelajari, dengan menggunakan berbagai metode untuk mempelajarinya. Salah satu metode lain yang dapat digunakan untuk belajar bahasa adalah metode makna. Semantik adalah bidang linguistik yang mempelajari makna. Kata semantik berasal dari bahasa Yunani sema yang berarti tanda atau lambang.
Dalam bahasa, makna kata-kata saling berhubungan, dan hubungan ini disebut dengan istilah relasi makna. Hubungan makna dapat mengambil banyak bentuk. Dalam setiap bahasa, termasuk bahasa Indonesia, sering kita jumpai makna atau hubungan semantik antara suatu kata atau satuan bahasa lain dengan kata satuan bahasa lain. Relasi makna adalah hubungan semantik yang ada di antara satu unit bahasa dengan unit bahasa lainnya. Satuan bahasa dapat berupa kata, frasa atau kalimat, dan hubungan semantik dapat mengungkapkan makna yang sama. Adapun makna tersebut, yaitu makna konflik, makna inklusif, dan makna ganda atau makna yang berlebihan. Hubungan makna biasanya dibahas dengan isu-isu yang disebut polisemi, ambiguitas, redundansi, hiponimi dan hipernimi.

For This or a Similar Paper Click To Order Now

Leave a Reply